Selasa, 20 Desember 2011

SAAB Bangkrut!

Saab. Perusahaan mobil yang inovatif ini akhirnya mengajukan berkas kebangkrutan.
Produsen mobil Swedia, Saab Automobile dinyatakan bangkrut setelah gagal meraup dana segar dari investor potensial. Pemilik lama Saab, General Motors, menolak pemodal potensial asal Cina,Zhejiang Automobile Lotus Youngman, lantaran takut teknologi pembuatan mobil mereka dicuri.


Setelah tahun lalu saham perusahaan ini dijual kepada Spyker, perusahaan otomotif Belanda dan berjuang melawan kebangkrutan selama tahun 2011, pada pekan ini Saab mengajukan berkas kebangkrutan pada Pengadilan Kepailitan Swedia. Associated Press mengabarkan, CEO Saab, Victor Muller secara pribadi mengajukan permohonan kepailitan di Pengadilan Distrik Vanersborg, kawasan barat daya Swedia.Pengadilan diperkirakan akan menyetujui pengajuan tersebut pekan depan, namun masih ada kemungkinan untuk memecah perusahaan ini menjadi perusahaan yang lebih kecil.

Manajemen Saab mengatakan, opsi kebangkrutan dipilih setelah General Motors mengajukan intervensi saat perseroan berupaya menggandeng investor baru. Beberapa bulan terakhir, Saab memang tengah menjajaki penjualan sebagian saham perusahaan dengan perusahaan Cina, Zhejiang Automobile Lotus Youngman.

"Mengetahui sikap General Motors, Youngman tak mau melanjutkan negosiasi. Kami pun memutuskan untuk pailit demi kepentingan kreditur," demikian pernyataan manajemen Saab seperti dikutip Associated Press kemarin.

General Motors menguasai 50 persen kepemilikan Saab sejak tahun 2000. Pabrikan mobil asal Amerika itu menyuntikkan dana of US $600 juta dan diberi opsi prioritas untuk menguasai seluruh saham Saab dalam satu dekade.

Meski saham tersebut sudah dilepas pada produsen mobil mewah Belanda, Spyker, tahun lalu, General Motors tetap menjadi pemangku sekaligus pemasok suku cadang terbesar.

Tak pelak perusahaan ini mati suri. Sejak April produksi pabrik utama Saab di Trollhättan Swedia dihentikan. Hal ini dilakukan lantaran perusahaan lebih berkonsentrasi menyelesaikan utang dan pembayaran para pemasok komponen.

Sungguh disayangkan memang, setelah 65 tahun membuat mobil yang inovatif dan menarik, perusahaan ini dinyatakan bangkrut. Siapa yang tak kenal mobil-mobil unik seperti Saab 9-5, 9-3, 900, Sonett dan 96?

Saab 9-5



Ehm, kalau ada yang ingin lebih tahu tentang mobil-mobil yang "membunuh" Saab, silakan buka di Jalopnik. Benar-benar sulit dipercaya . Ada mobil yang bahkan kita belum pernah ketahui. Apa ada yang tahu tentang "kopian" Lancia Delta versi Saab? Atau mobil yang nanti seharusnya diproduksi Saab untuk tahun depan, 9-4X?

Saab 9-4X, versi lain Cadillac SRX
Untuk menutup post kali ini, mari kita ucapkan... Farewell, Saab! Semoga kita dapat berjumpa lagi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar